SEJAK didirikan pada tahun 1950, pelopor liburan premium serba inklusif, Club Med, terus membangun kepercayaan yang kuat dalam memberikan layanan pariwisata ramah lingkungan kepada semua tamu. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Club Med untuk memastikan bahwa setiap kemajuan mencerminkan keberlanjutan, dengan kesadaran menerapkan kebijakan-kebijakan baru untuk merawat lingkungan sekitar.
Melalui upaya hijau yang berkelanjutan dan inovatif, resor ski terbaru Club Med di wilayah East South Asia Pacific (ESAP), Club Med Tomamu Hokkaido, baru-baru ini dianugerahi Sertifikat Green Globe. Dengan tambahan sertifikat ini, semua resor di wilayah ESAP sekarang sudah bersertifikasi Green Globe.
Sertifikasi Green Globe
Sertifikasi Green Globe adalah sertifikasi pembangunan berkelanjutan dalam industri pariwisata. Organisasi ini menilai dan memberikan penghargaan kepada perusahaan atas upaya penerapan pembangunan ramah lingkungan mereka di seluruh dunia. Ini adalah standar tertinggi dari pariwisata yang paling teruji.
Proses sertifikasi Green Globe juga digunakan sebagai alat untuk mengelola strategi keberlanjutan Club Med, karena diuji dua kali per tahun. Semua resor diperlukan untuk memastikan tingkat keberlanjutan tertinggi di semua aspek, mulai dari pelatihan dan perekrutan staf, hingga pemborosan makanan dan energi, pembangunan resor dan pelestarian keanekaragaman hayati, termasuk pelestarian budaya lokal masyarakat sekitar.
Upaya Berkelanjutan Lainnya
Di Club Med, kami juga melibatkan para tamu untuk mengambil bagian dalam upaya untuk melindungi planet dan merasa dihargai ketika tamu kembali ke rumah dengan perasaan lebih dekat dengan alam. G.O kami secara konsisten dilatih tentang pentingnya keberlanjutan. Mereka belajar bagaimana melestarikan lingkungan kita dan kemudian meningkatkan kesadaran di antara para tamu melalui inisiatif lingkungan.
Sebagai bagian dari upayanya untuk mengurangi jejak karbon dan menjaga kebersihan laut, Club Med aktif menghapuskan penggunaan barang-barang plastik sekali pakai di semua resornya yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Sedotan plastik telah dilarang di semua resor di Asia, dan sesuai dengan ketentuan “Sedotan berdasarkan Permintaan”, tamu yang meminta sedotan akan diberi sedotan kertas sebagai alternatif. Inisiatif ini telah menuai hasil yang menggembirakan dimana terdapat penurunan penggunaan sekitar 1.000 sedotan per hari di Club Med Phuket, Thailand.
Melestarikan alam adalah salah satu nilai dasar kami di Club Med, dan dengan menempati destinasi penuh aspirasi di seluruh dunia, kami merasa sangat bertanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan sejak saat perancangan resor. Kami memastikan pelestarian keanekaragaman hayati selama konstruksi setiap resor berlangsung, dengan menjaga flora dan fauna sekitar, melindungi spesies yang terancam punah, dan secara harmonis mengintegrasikan resor kami dengan lingkungan alaminya. Di semua resor Club Med, permukaan yang dibangun umumnya hanya 7% dari total permukaan situs, sehingga memungkinkan para tamu untuk menghabiskan liburan mereka lebih dekat dengan alam.
Contoh-contoh dari usaha pelestarian ini antara lain:
- Di dekat Club Med Cherating Beach, Malaysia, 60 hektar lebih hutan hujan tropis saat ini giat dilestarikan. Hutan ini adalah tempat alami habitat monyet dan spesies hutan hujan tropis lainnya.
- Di Club Med Kani, Maladewa, para tamu diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian laut yang dipandu oleh ahli biologi kelautan profesional yang meliputi Mobireef tur edukasi dan pengembangbiakan terumbu karang.
- Di Club Med Finolhu Villas, Maladewa, 6000 m2 panel surya photovoltaic dan pabrik botol di lokasi meningkatkan pemakaian listrik resor.
- Di Club Med Pulau Bintan, penampungan penyu memungkinkan para tamu merawat penyu laut dan melindungi tempat bertelur di tepi pantai bagi dua spesies penyu yang terancam punah.
Strategi Inovatif
Beberapa inisiatif tambahan juga telah dilakukan oleh Club Med, misalnya seperti pembuangan sampah makanan dari resor yang dikelola dengan efektif. Untuk meningkatkan pengelolaan sampah makanan, Club Med bekerjasama dengan Winnow Solution, sebuah alat digital untuk memonitor, menganalisa, dan membantu koki mengurangi sampah makanan di dapur di Club Med Phuket dan Club Med Bali. Sampah makanan di resor kami sudah dibatasi 100 gram per orang, atau seberat satu buah kiwi.
Mendukung Komunitas Lokal
Club Med juga berperan besar dalam mendukung komunitas lokal kita, mencari produk dari pemasok lokal dan petani untuk menyajikan makanan segar, musiman, dan organik untuk para tamu. Pada tahun 2008, Club Med dan Agrisud International menandatangani kemitraan dan sejak itu telah memesan produk segar yang baik untuk lingkungan dan bermanfaat bagi kliennya di Club Med Bali. Resor ini juga mendirikan taman pedagogis di klub Mini untuk meningkatkan kesadaran anak-anak tentang praktik pertanian organik dengan keahlian Agrisud.
Untuk informasi lebih lanjut tentang upaya keberlanjutan Club Med, kunjungi
www.clubmed.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar